Senin, 30 Mei 2016

Perbedaan Marketing Public Relation saat ini dengan Marketing Public Relation di Masa dulu



MPR saat ini:
Pada era globalisasi ini peran Marketing Public Relations menjadi semakin penting karena itikad baik (good will) menjadi suatu bagian dari profesionalisme yang pasti akan terbentuk karena pembentukan simpati konsumen secara efektif dan efisien sudah merupakan keharusan dimana tingkat kompleksitas dan pemuasan kebutuhan nasabah sudah mencapai tingkat yang canggih dalam kegiatan pengemasannya.
Dalam perkembangan jumlah perusahaan yang berorientasi pada pemasaran telah memiliki dan menempatkan tanggungjawab baru yang lebih mapan dan fokus pada devisi PR. PR ditempatkan lebih luas dan lebih pada marketing oriented perspective, didesain untuk mempromosikan organisasi baik produknya atau pelayanannya. Dalam peran baru PR maneger menekankan pada kegiatan baik pemasaran yang kuat dan PR departemen yang kuat pula.

MPR 10 tahun yang lalu:
Butler dari Unversitas of Chicago adalah orang pertama yang mengadopsi konsep pemasaran tidak hanya sebatas penjualan saja.
Selama kurun waku 1970-an muncul istilah pemasaran strategi (Strategy Marketing), positioning, social marketing, macro marketing, global marketing dan mega marketing. Yakni pengembangan dari formula 4-Ps (Produk, harga, tempat dan promosi) ditambah dengan unsur kiat PR dan power 2-Ps. Dan pada tahun 1980-an pemasaran lebih khusus dan spesifik cakupannya dengan upaya memberikan kualitas pelayanan yang prima.
Berawal dari marketing tersebut lahirlah marketing PR 1990-an karena semakin banyak perusahaan yang ingin memperluas distribusi produk dan jasa, namun persaingan semakin ketat baik dalam hal harga maupun promosi.

Jadi perbedaannya yang dapat disimpulkan adalah dengan adanya MPR dalam beberapa hal dianggap lebih hemat biaya dibandingkan dengan perusahaan memasukkan produknya melalui iklan. Dimasa sekarang, jumlah perusahaan yang berorientasi pada pemasaran telah memiliki dan menempatkan tanggungjawab baru yang lebih mapan dan fokus pada devisi PR. Bahkan untuk kedepannya teknologi informasi akan menguasai sebagian besar pola kehidupan masyarakat, badan usaha maupun pemerintah dimana strategi marketing PR online menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai. Sedangkan pada masa 10 tahun yang lalu marketing PR belum berkembang begitu pesat, baru mulai masuk unsur-unsur ke dalam pemasaran serta baru memperkenalkan konsep marketing MIX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar